Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Pembukuan penting dilakuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan Anda perform. Sering sekali perusahaan kecil tidak melakukan pembukuan, sehingga pemilik pun tak menyetahui apakah perusahaanya untung atau tudak. Laporan keuangan merupakan alat komunikasi antaran pemegang kepentingan bisnis serta sebagai alat analisa perusahaan untuk pemilik, kreditur, pemegang saham, maupun calon investor.

Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan secara sederhana?

Langkah awal:

1. Proses Mengklarifikasi transaksi
Langkah awal adalah mengklarifikasi jenis transaksi ke dalam penjualan, pembelian, pengeluaran, penerimaan kas, utang, dan lainnya.
Hal ini untuk memudahkan posting transaksi harian yang Anda lakukan.

2. Proses mencatat dan merangkum
Mulai mencatat pembukuan dengan sumber dari bon, nota, bill, stuk dan sebagainya diinput dalam jurnal selanjutnya memasukkan jurnal dalam buku besar secara berkala.
Satu proses pembukuan dilakukan bulanan.

3. Proses Penginterpretasikan dan melaporkan
Langkah selanjutnya setelah pencatatan, adalah membuat kesimpulan dari kegiatan atau pelaporan keuangan sebelumnya.
Dari informasi tersebut bisa diketahui apa yang terjadi pada perusahaannya, apakah sudah perform atau belum, dan informasi untuk pengambilan keputusan bisnis lainnya.

Berikut ini ada 10 tips, cara praktis dalam pembukuan keuangan pemilik usaha:

1. Melakukan Penyusunan Proyeksi arus kas sebelum memulai usaha.
Usahankan mempersiapkan proyeksi arus kas sebelum memulai usaha, modal yang dibutuhkan, cadangan modal, proyeksi kas dalam jangka pendek dan panjang, serta untuk mengantisipasi hal tak terduga.

2. Pencatatan transaksi harus selalu dilakukan (update).
Cepatlan melakukan pencatatan transaksi yang update, jangan sekalipun menunda pencatatan sehingga menumpuk. Pencatatan update memudahkan aktifitas pengambilan keputusan secara cepat dan juga tepat.

3. Membuat dan mempersiapkan 2 buku, yaitu buku pengeluaran dan buku pemasukan.
Cara ini yang paling mudah dalam melihat posisi keuangan. Apakah perusahaan Anda sedang mengalami rugi ataukah untung langsung bisa diketahui.

4. Tidak mencampur keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi.
Hal yang sering terjadi adalah mencampur keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, benar? Andapun demikian kan? Jangan lakukan lagi, karna perusahaan butuh pelaporan keuangan yang sesungguhnya agar bisa dilakukan pengambilan keputusan.

5. Setiap transaksi yang tercatat harus ada buktinya.
Pencatatan harus disertai dengan bukti, misal nota, kwitansi, bill, dan lainnya untuk memberikan ke-autentik-annya. Pemeriksaan keuangan nantinya juga membutuhkan adanya bukti transaksi tersebut, tanpa bukti bisa dianggap transaksi yang tidak sah.

6. Pembuatan Form-form khusus.
Hal ini digunakan untuk memudahkan pencatatan, misalnya untuk pengeluaran rutin menggunakan form warna kuning, pemasukan warna hijau dan lain sebagainya.

7. Penempatan file khusus untuk setiap transaksi.
Pastikan membuat tempat untuk file-file transaksi dengan rapi serta mudah untuk dicari bila membutuhkan. Pisahkan file dalam beberapa kategori dengan map yang beda untuk file penjualan, file pembelian, file kas masuk dan keluar, serta file lainnya.

8. Membuat list dan memperhitungkan depresiasi atau biaya penyusutan aset-aset perusahaan seperti bangunan, kendaraan, peralatan dan perlengkapan perusahaan. Untuk memudahkan , biaya penyusutan dihitung setiap setahun sekali saja. Aturan depresianya harus sesuai dengan aturan perpajakannya.

9. Pastikan setiap periode membuat laporan berupa : neraca, laba rugi, modal, aliran kas, penjualan,piutang, pembelian, hutang dan laporan persediaan. Dengan dibuatnya laporan tersebut, pemilik usaha bisa memantau terus setiap bulannya mengenai perkembangan usahanya.

10. Anda mengalami kesulitan dalam membuat pembukuan? Hubungi kami.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s