Tips Manajemen Waktu Bisnis Yang Efektif

Banyak para pebisnis yang memiliki prinsip ‘time is money’ atau ‘waktu adalah uang.’ Bagi mereka, sefikit saja mereka menghabiskan waktu berarti banyak uang yang seharusnya bisa mereka dapatkan tapi tidak mereka dapatkan karena waktu yang terbuang. Itu juga merupakan hal yang harus anda terapkan jika anda ingin memulai bisnis. Anda harus pandai mengatur waktu secara efisien agar segala sesuatu tepat waktu dan anda bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut beberapa tips manajemen waktu agar waktu anda dapat digunakan sebaik mungkin.

1. Catat semua pekerjaan yang harus anda lakukan beserta waktu yang akan dibutuhkan. Catatlah terlebih dahulu secara acak menurut yang paling anda ingat. Kalau daftar anda akan berjangka panjang misalnya bulanan, catat juga tanggalnya.

2. Setelah anda mencatat hal-hal yang harus anda kerjakan beserta waktu yng dibutuhkan untuk mengerjakannya, sekarang mulai pindailah daftar tersebut dari yang membutuhkan waktu paling lama. Kerjakan dulu yang membutuhkan waktu paling lama. Urutkan juga tanggalnya agar catatan anda rapi.

3. Kalau perlu, batasilah suatu kegiatan agar anda bisa memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain. Misalnya, berbelanja kebutuhan biasanya memakan waktu satu jam, anda bisa memangkasnya hingga setengah jam untuk mengefisienkan waktu.

4. Jika masih ada waktu tersisa, masukkanlah sebagai waktu untuk beristirahat ke sela-sela waktu setelah anda melakukan pekerjaan berat dan menguras tenaga atau pikiran.

Leave a comment